INFO OTOMOTIF

 

Toyota Ciptakan Mobil Non-Alkohol

Lihat GambarKapanLagi.com – Perusahaan otomotif raksasa, Toyota Motor Corp, baru-baru ini menciptakan alat sensor baru untuk meningkatkan keamanan berkendara. Alat ini digunakan pada mobil untuk mendeteksi kadar alkohol pengemudinya. Jika sensor mendeteksi kadar alkohol cukup tinggi atau melebihi batas, maka mesin mobil akan tiba-tiba berhenti atau mati.

Mobil dipasangi sistem pendeteksi dimana mobil tidak akan bisa menyala/start jika sensor keringat yang ada pada stir mobil mendeteksi kadar alkohol dalam darah pengemudi melebihi batas.

Sistem dapat juga menghentikan mobil secara tiba-tiba jika sensor mendeteksi penyetiran mobil dalam keadaan ngawur. Atau juga jika kamera spesial pada kaca mobil mendeteksi pupil pengemudi tidak fokus ke jalan. Mobil akan mendadak berjalan perlahan dan berhenti sama sekali.

Sesuai dengan keterangan reporter, Asahi Shimbun kepada MSNBC, pembuat mobil No.2 di dunia ini, berharap mobil yang dipasangi sistem keamanan mengemudi lengkap ini akan bisa di launching pada akhir 2009.

Nissan Motor Co, yang juga merupakan raksasa otomotif Jepang, telah bereksperimen dengan sistem deteksi nafas yang bisa mendeteksi jika pengemudi dalam keadaan mabuk. Sebenarnya merupakan tekhnologi yang tidak asing lagi, sama seperti penguncian starter alkohol yang telah digunakan di Amerika dan negara lainnya.

Kita tunggu saja peluncuran mobil keamanan khusus alkohol ini. Semoga saja angka kecelakaan akibat alkohol dapat menurun dengan adanya tekhnologi ini. (msnbc/boo)

 

Mengemudi Aman di Jalur Basah

Lihat GambarKapanLagi.com – Bulan Januari, adalah bulan basah. Hampir tiap hari jalanan diguyur air hujan. Genangan bahkan banjir kerap kali menghiasi jalanan di sepanjang bulan pertama kalender masehi ini. Permukaan aspal jadi basah dan licin. Berkendaraan di bulan ini jauh lebih berbahaya. Lebih-lebih saat meluncur ke luar kota dengan rute yang belum familiar.

Kondisi ini memaksa setiap pengemudi harus lebih berhati-hati. Mengemudi di jalur basah tentu berbeda dengan di aspal kering. Selain ketrampilan dalam mengendalikan kemudi, keselamatan berkendara juga tidak terlepas dari kesiapan kendaraan. Kesiapan wiper (penyepu air), lampu sein-rem, kepakeman rem dan kondisi ban merupakan komponen –komponen penting yang wajib diperhatian sebelum menjalankan kendaraan.

Ban, si bundar hitam ini memegang peranan penting keselamatan berkendara. Ban yang telah botak apalagi gundul akan sangat berbahaya dipakai ketika meluncur di jalanan basah. Berikut beberapa catatan singkat tentang ban yang bisa dijadikan referensi sebelum meluncur di jalanan basah.

1. Langkah awal adalah periksa ketebalan kembangan telapak ban. Sudah aus, botak ataukah sudah gundul. Keausan ban bisa dilihat dari tread wear indicator yang ada pada ban tersebut. Jika sudah melebihi batas gantilah dengan yang baru.

2. Pastikan, tekanan angin sudah sesuai dengan petunjuk dari pabrik. Jangan lupa memasang penutup pentil untuk mencegah kebocoran angin. Tekanan ban yang tidak terlalu tinggi lebih bersahabat dipergunakan saat jalanan basah.
3. Lebih baik memakai ban dengan karakteristik yang cocok untuk trek basah. Untuk menghadapi kondisi jalan yang basah dan licin sebaiknya menggunakan jenis ban basah. Karakter ban basah memiliki kemampuan membuang air lebih cepat. Desain telapak yang membelah dari tengah ke pinggir dengan aliran ke samping mempercepat membuang air sehingga hambatan friksi antara telapak ban dan aspal mengecil. Ban jadi lebih menempel ke permukaan aspal. (rsd)

 

Mitsubishi Outlander, Siap Gebrak Pasar

Lihat GambarKapanLagi.comMitsubishi Outlander terbaru mempuyai kans besar untuk menarik para pemujanya di pasar Sport Utility Vehicle (SUV). Dengan dukungan inovasi teknologi terbaru dan tradisi keunggulan SUV Mitsubishi Outlander menjadi pesaing bagi SUV pendahulunya, sebut saja Honda C-RV dan Toyota RAV4. Selain itu dukungan desain interior juga dapat dijadikan keunggulan tersendiri setelah mengalami perubahan dari generasi sebelumnya.

Keunggulan Mitsubishi Outlander terbaru yang ditawarkan adalah perpaduan mesin baru 2.4 liter 16 katup aluminum MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve-timing Electronic Control System) dipadu dengan Sport Mode 6-speed CVT dan sistem 4WD yang kemudian dikontrol secara elektronik menghasilkan mobil yang bertenaga besar, irit bahan bakar, ramah lingkungan dan nyaman dikendarai.

Outlander baru juga dilengkapi dengan atap aluminium, mono-tube rear shock dan teknologi canggih yang diturunkan dari Lancer Evolution. Desain interiornya mengawinkan ketangguhan dan klasik sport yang mengekspresikan utilitas dan fungsi SUV.

Dengan dirancang memiliki active stability control dan sistem penggerak empat roda, Outlander juga memberikan stuktur body lebih stabil dan lincah di kecepatan tinggi dan atap aluminum yang membuat pusat gravitasi mobil turun hingga mengurangi resiko mobil terguling saat terjadi slip.

Dia menggunakan platfom generasi terbaru yang memiliki kinerja lebih baik saat mengalami benturan. Juga lebih lincah dan dirancang untuk superior acceleration, platfom ini juga digunakan untuk Lancer baru.

Dari segi lingkungan, Outlander mendapat bintang 4 untuk emisi, yaitu 75% lebih rendah dari regulasi Japanesse 2005 Emission Regulation. Mitsubishi menggunakan baja berkekuatan tinggi untuk meningkatkan kekakuan namun penambahan bobot minimal.

Struktur body juga dirancang untuk meningkatkan derajad perlindungan terhadap benturan dari berbagai sisi, juga perlindungan terhadap pedestrian. Untuk meningkatkan respon kemudi dan handling, Outlander menggunakan atap aluminium yang membuat pusat grafitasi mobil lebih rendah dan mengurangi momen inersia, tanpa mengorbankan kualitas pengendaraan.

Mesin baru yang kompak, ringan dengan silinder block dari bahan aluminium ini menggunanakan teknologi pengatur katup MIVEC pada katu masuk dan katup keluar. Produksi daya dan torsi dari empat silindernya belum dirilis. INVECS (Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System)-III Sport Mode 6-speed CVT ikut membantu efisiensi bahan bakar sekaligus menghasilkan akselerasi halus dan responsif. Transmisi CVT ini juga menggunakan pedal pemindah gigi pada kemudi, memudahkan proses pindah gigi tanpa perlu melepas tangan dari roda kemudi.

Sistem penggerak empat roda dikontrol secara elektronik yang secara kontinu mendistribusikan torsi ke roda depan dan belakang secara optimal tergantung kondisi medan saat itu. Dial selector memungkinkan pengemudi memilih tiga mode, 2WD, 4WD dan 4WD LOCK.

Suspensi depannya bertumpu pada MacPherson strut dan trailing-arm multi link dibelakang. Trak lebar dan ayunan panjang memperbaiki stabilitas dan pengendalian. Mono-tube shock absorber di suspensi belakang menghadirkan respon lebih cepat pada kecepatan mobil rendah. Ban 225/55R 18 membungukus alloy wheel 18 inch 5 palang.

Untuk memudahkan bongkar muat barang, tailgate Outlander dibagi dua. Barang kecil dan ringan dapat dimasukkan lewat bagian atas. Namun saat kedua bagian dibuka akan menghasilkan tailgate besar yang memudahkan memasukkan barang-barang berukuran besar.

Bagian bawah bisa menahan beban statis hingga 200kg, nyaman dijadikan tempat duduk karena disain lantai rendah dan elemen lainnya membuat kapasitas kargo Outlander bisa mencapai 774 – 882 liter itu pun masih tergantung pada posisi kemiringan kursi baris kedua. Bila kursi baris kedua direbahkan ke depan, maka kapasitas kargo meningkat jadi 1,691 liter. Proses melipat kursi dilakukan dengan hanya memencet satu tombol. Outlander juga menyiapkan dua kursi tambahan yang tersimpan di balik lantai bila harus mengakomodasi 7 orang. (dar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: